Personal Mind of ASEP

Sepercik Rasa yang Tercurah

Sidang Tugas Akhir

Akhirnya sampai juga deh di ujung sebuah perjuangan untuk mendapatkan gelar D3😀, Insya Alloh tanggal 20 November 2006 gw mau sidang untuk memdapatkan gelar D3 ge mohon do’a restu dari siapa saja agar dalam sidang TA nanti tidak ada halangan yang berarti dan semuanya berjalan dengan lancar. Amiin
Yang gw rasakan, di Indonesia ini yang namanya gelar (D3, S1, S2 dan S3) sangat penting sekali, bahkan gelar bisa mengalahkan dari arti pentingnya sebuah skill atau kemampuan. Gw pernah dengar cerita dari gw SMP gw yang sekarang menggeluti bidang TI, dia bercerita “wah saya mah heran” dan gw juga merasa heran “Heran kenapa Ka ?” gw panggil dia Kaka karena dulu dia sebagai pembina pramuka di SMP, di organisasi pramuka kesenior harus memanggil dengan sebutan Kaka. “Begini sep, kemaren-kemaren ada yang kursus komputer ditempat saya, yang satu punya gelar S1 lulusan informatika dan yang satunya lagi lulusan SMA, terus setelah sekian lama saya mengajar mereka, saya berpendapat bahwa yang lulusan SMA ini yang jauh lebih menonjol kemampuannya dalam hal IT, dan ketika ada sebuah lowongan di sebuah perusahaan, keduanya sama-sama melamar keperusahan tersebut, dan saya merasa yakin kalau si yang lulusan SMA yang akan masuk kerja, soalnay diayang paling menguasa materi dan prakteknya, tapi….ternya yang lulusan S1 yang masuk, saya merasa kasihan sama yang satunya lagi, dia rajin, pinter mau ngotak-ngatik, tapi karena dia tidak punya gelar dia malah tersingkirkan, padahal dia tidak kuliah bukan karena malas, kamu tau sendiri biaya kuliah sekarang, nu asa nyekek pisan !”.

Mendengar pembisaraan dari guru gw tadi, ternyata di Indonesia ini gelar begitu berti sekali peranannya dalam hal pencarian kerja, tinggi rendahnya honor atau gaji dan juga jenjang karir. Gw teringat kata-kata yang pernah dilontarkan oleh temen-temen gw, katanya “Disini nih (indonesia -red) elo musti punya gelar sep, kalo elo mau punya gaji yang lumayan terus punya jabatan yang bagus, sama jenjang karir yang cepet, berbeda sama perusahaan-perusahaan di luar negeri sana, mereka punya prinsip, bukan elo kuliah dari mana atau elo gelarnya apa tapi elo bisanya apa”.
Gw yakin tidak semua perusahaan di negara tercinta ini lebih mementingkan gelar untuk karyawannya daripada sebuah skill, masih banyak perusahaan-perusahaan yang lebih mengharigai sebuah kemampuan dibandingkan gelar. So mendingan cari gelar apa cari skill ? tapi menurut gw sebagai orang yang mencari nafkah dengan mengandalkan kemampuan TI gw, kita punya gelar plus skill itu yang lebih baik, betul apa tidak yah ?🙂

November 13, 2006 - Posted by | Uncategorized

2 Comments »

  1. semoga lancar kang ujianna amien2 ya rabb, leres kadang gelar teh janteun pisan indikasi nyak kang salam ah nyasar kadieu sim kuring..

    Comment by fajar | November 14, 2006 | Reply

  2. hatur nuhun kang fajar ,parantos kersa rurumpaheun karorompok sim kuring🙂

    Comment by Kang Asep | November 14, 2006 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: